Selasa, 03 Januari 2012

Tips Mencegah Dampak Negatif Facebook

Face Book adalah jaringan sosial pertemanan paling populer di Indonesia, dari orang tua sampai anak-anak SD, rata-rata telah mengenal dan menjadi member jaringan ini. jaringan facebook sangatlah luas berkembang sampai ke sudut-sudut penjuru dunia. Segala kemungkinan yang menyangkut hubungan relation antar sesama manusisa terjadi di jaringan ini mulai hubungan kerja, memanfaatkan sebagai sarana penjualan sampai hal-hal berukpun dapat terjadi.
Sebenarnya facebook dirancang untuk dapat memaksimalkan jaringan pertemanan kita, tujuan dan arah yang dimaksud adalah golongan remaja ke atas, bukan golongan anak-anak. baru-baru ini kiita kerap mendengar kabar bahwa adanya penyimpangan penggunaan yaitu penipuan, penculikan, dll yang awalnya pertemanan terjai di facebook.
Tapi apakah facebook hanya berdampak negatif saja?
Sekarang kita lihat dari sudut pandang positif. Adalah pertemuan yang sangat mengharukan antara seorang bapak dan anaknya di Inggris yang telah berpisah selama 35 tahun , atau beberapa orang yang mendapat jodohnya melalui facebook. Dengan facebook kita bisa tukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus, sebagao contoh ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita.
Jadi kesimpulannya bahwa dampak negatif atau positifnya tergantung pengguna facebook itu sendiri. Kewaspadaan boleh saja diterapkan untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

Tips Mencegah Dampak Negatif Facebook :

  1. Gunakan facebook dengan jangka waktu tertentu, gunakan pada saat-saat santai untuk mengusir kebosanan.
  2. Selektif dalam mencari teman dalam Face Book
  3. Jangan sembarangan melihat atau meng ADD teman di facebook, lihat dulu profilnya atau setidaknya orang tersebut pernah anda kenal
  4. Untuk mengefisiensikan atau memaksimalkan dampak pisitif dan jalinan pertemanan pilihlah teman yang benar-benar anda kenal, atau alamat orang tersebut dan latar belakang orang tersebut
  5. Hati-hati terhadap ajakan atau himbauan untuk mengikuti grup-grup atau aplikasi iseng atau yang kurang jelas tujuannya.
  6. Berhati-hatilah apabila teman yang belum anda kenal mengajak copy darat atau janjian ketemu. usahakan keluarga atau teman anda mendampingi anda. Pilih lokasi yang anda tahu dan hafal.
  7. Berilah bimbingan dan pengawasan penggunaan facebook pada anak anda
  8. Jangan mudah percaya kepada photo, alamat, atau identitas orang asing yang masuk ke alamat anda karena dari data survey yang dilakukan, hampir sekitar 70% pengguna facebook mencantumkan data fiktif mengenai profil mereka.
  9. Yang penting Tingkatkan IMTAQ anda karena hanya inilah yang bisa menolong anda apabila anda dalam bahaya dikemudian hari.
Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar