Minggu, 21 Februari 2010

SANTA CLAUSNYA CASSANDRA

Gue masih aja bingung ngeliat tingkah laku Dizha semenjak putus sama Tyo. “Udah napa sih, lupain aja! Banyak kok cowok diluar sana yang demen sama kecantikan elu!” hibur gue sambil kipas-kipas sombong. Dizha diem tanpa senyum, tanpa kedip, dan tanpa ekspresi. Gue ngelanjutin chatting. Nyamuk : Loe wanita or pria?Obong : Wanita, lah!! Loe?Nyamuk : Pria, gantmut (Ganteng,Imut), baek hati ^_^Obong : Nama asli? Nyamuk : Nyamuk ajaObong : Mang napa? Gi selingkuh?Nyamuk : Kagaklah, hahhahahh,,”Apaan sih?” Risa dateng ngedeketin gue sama Dizha.
“Dizha kenapa?” Tanya Risa.”Sakit hati sama Tyo!” Jawab gue singkat.Risa agak gak peduli denger jawaban gue. Dia duduk trus bengong. Makanya gue ambil kemoceng bulu ayam disamping komputer , trus gue ogok-ogokin keidungnya Risa.
“Huuuuaaaacim!” Bersinnya kumat. “ Huuuacim!”
“Sekali lagi nih kemoceng boleh loe bawa pulang.” Risa gosok-gosok idungnya. Takut alerginya ntar jadi mimisan.
“Ha-hacim!” Darah keluar dari hidung Risa.”Eh, hidung loe tuh!” Gue narik tangan Risa ke kamar mandi. Gue ngebantu Risa bersihin hidungnya.
“Penyakit loe aneh amat ya!” Gue mulai nyeletuk. Risa cuma diem, nahan sakit. Diluar, gue liat Dizha malah nemplok ditembok. “Sak bodo amat, lah.gue kagak ngerti sama urusan mereka.” Zzzzz, HP Risa bergetar.Nelly s ama Reza kecelakaan, dirawat di RSUD. Gawat Darurat.Risa kelihatan panik. Lalu, ia lari keluar rumah hendak mengendarai motor. Gue sengaja ambil HP Risa yang ditinggal.
“Ha!” Mata gue hampir keluar, tapi tanpa ekspresi ketakutan seperti yang dialami Risa.
“Mampus!” Gue langsung nyeret Dizha pergi ke Rumah Sakit. Karena gak ada motor dan tukang ojek, jadilah gue sama Dizha naek angkot. Meski pelan yang penting slamet. Selama di perjalanan, Dizha nyandarin kepalanya dipundak gue, persis kayak orang stres yang kepalanya pusing tujuh keliling muter-muter.
Sampe di rumah sakit, gue lihat keadaan Risa hampir sama kayak keadaannya Dizha. Dibalik tiang, penopang bangunan, gue liat sosok Reza penuh luka bekas tabrakan. Gue sempet deketin. “Heh, kok loe sama Reza bisa kecelakaan?”
”Kejadiannya itu tiba-tiba, pas gue mau nyelip mobil yang ada didepan, tiba-tiba ada motor nubruk gue. Dan jadilah kejadiannya kayak gini.” Terang Nelly.
Dokter keluar dari ruangan. “Keadaannya buruk.”
Risa ngedeketin itu, dokter. “ Maksudnya, Dok?”
”Kami tidak dapat menyelamatkan hidupnya.”
Dari arah belakang, perawat-perawat yang tadi ikut melakukan operasi di Unit Gawat Darurat, keluar membawa kereta dorong yang ternyata ada Reza seperti tertidur dibalik kain, pertanda bahwa ia telah menghembuskan nafasnya yang terakhir. Gue lihat Risa bener-bener ngerasa kaget, tapi gak berani untuk menghalangi perawat-perawat itu membawa jasad Reza ke kamar mayat. Dia juga nggak banyak tingkah, seperti merelakan tapi bener-bener kaget. ”Innalillahi wainnalillaihi roji’un.” Risa bener-bener rela.Dizha sempet ngeliatin Tyo sebentar, tapi Tyo nepis jauh-jauh tatapannya Dizha. Dan buat suasana di Rumah Sakit pas kejadian itu kayak nungguin hasil perjanjian sama mayat-mayat hidup yang pengen ngebuat hidup kita semua persis plus mirip kayak diuber-uber dosa. * * *”Udah deh mending kita nganter sampe sini aja!” Gue mencoba memberi saran yang terbaik. Risa mengangguk.”Gue nggak pernah nyangka, Reza akan pergi secepat ini. Padahal, kemarin sebelum kejadian itu, Reza masih nge-support gue untuk maju terus supaya bisa jadi penyanyi terkenal. Dia sempet bikin lagu buat gue. Tapi, keburu judulnya aja, Ia Dihidupku.” Nggak lama setelah Risa ngomong begitu, Tyo keluar bersama rombongan pengiring jenazah. Tanpa basa-basi, nyapa Dizha, atau senyum buat gue,.Tuh dua anak manusia ,Dizha sama Risa langsung mengendarai motornya entah kemana.
* * *Dua minggu setelah kematiannya Reza, Risa makin rajin ikutan acara olah vokal disekolah, tapi dia jadi lebih pendiam dari biasanya. Sedangkan Dizha yang tadinya cerewet, jahil, dan nggak bisa diem, sekarang kebolak 180°.Tapi, Dizha punya kesibukan sendiri di ICT. Hh, tinggal gue doang yang belum punya ide untuk ngambil tema yang cocok buat hobby photography gue. Karena, minggu dengan gue pengen ikutan lomba photography. Jadilah, gue pergi ke TMII. Gue berharap bisa dapet tema yang bagus hari ini. Sejam lebih sepuluh menit, gue ngider-ngider naek sepeda tapi kagak ada yang cocok sama imajinasi gue. Akhirnya, gue duduk ditugu depan anjunganSulawesi Utara. “Gue mau ngirim foto apaan neh?” batin gue udah mulai putus asa. Gue nengok kekiri. Kaget, senyum sendiri, dan otak gue nyala penuh ide karena kagum ngeliat peristiwa yang ada didepan gue.
“Gue belon pernah liat tuh tarian Suku Asmat ngundang Santa Claus. Mana Santa Clausnya aneh lagi.” Gue mulai koment. Gue ngedeketin rombongan-rombongan penari tarian gazebo (Ga jlas boo) itu, trus gue abadikan dalam kamera. Pas ada kesempatan, gue suruh aja bule yang lewat untuk motoin gue, bareng club Tarian Suku Asmat modern itu, ehm, mungkin tepatnya kayak teater. Jam sembilan acaranya selesai. Spontan, gue langsung nyerbu penari-penari itu. “Kalian tadi nari apa sih? Kok ada Santa Claus aneh yang ikutan pentas disitu?” Gue jadi penasaran karena gue belon pernah ngeliat tarian modern kayak gitu.seumur-umur mata gue udah bisa ngeliat dunia dengan jelas (masa sekarang yang gue lihat nggak jelas gini hehehehe). ”Kita nari tarian Selamat Datang khas Irian.” jawab salah seorang personilnya.”Lah, itu! Santa Clausnya dateng darimana?” Yang namanya Mahmud mengangkat bahunya. “Orang dia dateng sendiri trus si Wendi mau ngejar-ngejar gara-gara gak ada diskenario, eh yang laennya kebingungan mesti ngapain. Akhirnya tariannya kacau,tapi malah pengunjung jadi minat gara-gara ada Santa Claus aneh yang sebenernya lebih mirip rusa Santa Claus daripada Santa Clausnya.” ”Oh, mungkin dikiranya kita lagi pertunjukan barongsai ala Papua, kali.” cetus Rahman tertawa terbahak-bahak.”O, ya, trus Santa Clausnya mana?& gue berniat mau nguber tuh Santa Claus.
“Tuh!” tunjuk Wendi kearah rumah makan disamping anjungan.Gue foto tuh Santa Claus dari jauh dan berusaha untuk ngedeketin.karena gue lihat dia lagi ngobrol-ngobrol ama pelatih anak-anak tadi. Begitu si pelatih ngasih amplop, tuh Santa Claus pergi. Arahnya sih ke danau. Gue coba nyusul dan langsung menjulurkan tangan gue kedepan badannya. Tuh manusia benerin topengnya, seperti orang yang nutup-nutupin mukanya karena takut akan sesuatu.
“Cassandra!” Dengan lantang gue menyebutkan nama gue.Santa Claus itu menutup mulutnya dan berdeham beberapa kali baru menyalami tangan gue. “Nohara Sinoshuke.” sembari menggoyangkan badannya. Gue diem dan berusaha tenang menahan emosi.”Gue serius ! “ Cetus gue.udah gitu manusia Santa Claus nengok sebentar trus ketawa-ketawa nggak karuan.
“Astaghfirullah hal’adzim. Ada ya, manusia kayak dia.” Gue mulai dongkol dan ngebiarin objek photography gue berlalu, karena gue berharap dia berubah pikiran.
“Heh, mau lu apa?” Teriak manusia Santa Claus.
“Gue pengen lu jadi objek photography gue.” Bales gue sambil kerlingin mata (Ting,,)
“Ada bayarannya gak?”
Gue langsung deketin. “Tapi, gue gak berani ngasih tinggi.”
Dan dari Kutub Utara di ujung dunia. Gila aja, ada gitu Santa Claus yang miskin? Ihk, siapa juga yang peduli sama masalah kemiskinan yang dialami Santa Claus di Kutub Utara? Secara, menurut legenda orang-orang Nasrani, setiap tahun Santa Claus selalu ngasih kado untuk anak-anak berkelakuan baik diseluruh dunia, itu berarti bahwa Santa Claus adalah seorang yang kaya raya dan dermawan,,seharusnya!? “ Memangnya, foto gue mau diapain? “Pertanyaannya membuyarkan lamunan gue.“ Gue pengen ikutan lomba photography yang akan diadakan minggu depan. “
Seketika suasana hening! tuuttttttt….
Gue memukul meja dengan keras untuk menarik perhatiannya.Dia nyemburin minumannya. ” Upss,Sorry, gue Cuma mau tanya, nama lu siapa? “ “ Emangnya nama gue penting? .”
Gue ketawa sedikit biar tuh manusia gak marah dan menganggap kalau gue itu bercanda.
“Udah, ah. Gue mau pergi “. Seraya mengambil minuman, lalu menyedotnya dan pergi gitu aja.Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng..Teng.. Tepat jam 12 siang. Kayak Cinderella tengah bolong bunyi lonceng jam-nya. Gue jeplak, ngasih judul photography tentang Santa Claus itu. Gue balik ke rumah dan langsung nyuci film di Ronggeng Fotography.Katanya, paling cepat jadi nanti malam. Akhirnya, gue pulang.Baru nutup pintu Ronggeng Fotography.
Dizha udah menyapa gue.“Bareng gue aja, Dra!”Pintanya. Tanpa basa-basi gue boncengan naik motor bareng Dizha. Sampai di kamar gue, Dizha langsung tidur dan yang gue lihat, dia seperti orang yang punya masalah menggantung, belum terselesaikan. ……ZzZzZzZzZzZz……HP Dizha bergetar, tapi Dizha malah berbalik arah tidur. Gue ambil HP-nya dan membaca nama si penelepon Tiba-tiba begitu gue angkat teleponnya, si penelepon langsung mematikan teleponnya.”ARYA”. Lama-kelamaan gue tertarik untuk mengutak-atik HP Dizha. Didaftar kontak, masih ada nama TYO terpampang diatas nama Cina. Gue ganti tuh nama jadi TOY. Dibagian catatan, gue tulis sebuah petuah “Lupakan nih manusia “. Dibagian pesan, gue lihat ada folder dengan nama TOY. Karena penasaran, gue buka aja tanpa menunggu persetujuan dari Dizha. Ada sepuluh message. 1.Malam, gi ngapz2.Hhehe J sama, o, ya ku dengar kamu lagi dekat ama Arya? 3.Ada deh, lagipula kemarin ku lihat kamu lagi jalan ama dia di kaf. tempat Risa sering nyanyi4.Kok nggak ngajak aku aja? Trus, yang sebelumnya di mall?5.Temanku yang lihat. Sekarang kamu jarang sms-an/hubungi aku. Kemana aja? 6.Oo7.Sedikit8.Aku mau ngomong sesuatu9.Sebenarnya, yang lihat kamu jalan ama Arya di mall, itu aku10.Aku punya buktinya. Kata teman-teman di sekolah kamu, kamu memang deket ama Arya dan sering jalan bareng. Makanya kamu jarang ketemuan atau sms atau hubungan aku lagi. Sebenarnya aku pengen putus. Aku suka ama cewek lain, dan sekarang udah jadian!!!!!!
Mata gue hampir keluar, kaget. TOY udah jadian? Batinku mulai bergejolak. Tiba-tiba Risa datang saat gue sedang asyik tertegun. Ia membanting pintu keras-keras hingga Dizha terbangun.Buru-buru, gue matiin HP-nya dan menyimpannya dibalik bantal yang dipakai tidur Dizha. Risa agak kaget begitu melihat Dizha, tapi dia mencoba untuk tenang. “ woiii, gue boleh gabung ya? “ Kata-katanya Risa agak gugup.“ Lu kenapa, Ris? “ Gue mencoba menenangkan.Risa kelihatan sumringah.”Gue dapat tawaran rekaman”.Katanya senang sembari meletakkan sebuah map merah di kasur. HP-nya berdering, lalu ia pergi keluar kamar.
Nggak lama kemudian, Risa berpamitan.
“ Gue pergi ke kafe dulu ya. Teriaknya. Gue ama Dizha hanya diam. Nggak lama setelah Risa pergi, Dizha membuka map yang isinya lirik lagu yang diketik diselembar kertas HVS ukuran A4. IA DIHIDUPKUTakkan ku lupakanHal yang pernah kita jalaniKan ku ungkapkan meskipun hanya untuk lihat kau bahagiaMeraih mimpi didalam hatinyaOh, hidupku.. Oh, hidupku.. Jalani bersamakuCerita indah yang kau ingini padanyaOh, hidupku.. Oh, hidupkuLupakanlah dirinyaLihat diriku yang lebih baik darinyaBy : TYO

Dizha kaget, sepertinya menahan tangis. Gue langsung merebut map itu dan menyeret Dizha untuk menemui Tyo ditempat dia biasa nongkrong.
Gue mondar-mandir ke tempat yang gue yakini sebagai tempat nongkrongnya.ternyata Tyo nggak ada.Gue bolak-balik nanya sama teman-temannya, lalu menuju satu tempat yang gue dan Dizha sering kunjungi. Ternyata, dia ada di kafe, tempat Risa nyanyi. Gue melabraknya, lalu menyiramnya dengan air. Dia bangkit dan meminta penjelasan.
“ Apa-apaan nih? “Teriaknya.Gue langsung nyamber duluan. “ Jadi, maksud lu mutusin Dizha karena lu jadian sama Risa “.Teriak gue keras sambil menyerahkan map merah ketangan dia. Risa datang mendekati kita yang ribut sambil garuk-garuk kepala.
“ Duh, Tyo tuh megang amanahnya Reza untuk melanjutkan lagu “Ia Dihidupku” untuk gue. Kan gue udah cerita ama lu, Dra? “Jelas Risa. Gue menunduk, mencoba mengingat-ingat dan akhirnya gue minta maaf ke Tyo.”Maaf ye!”Tyo menyalami gue kasar. Dia seperti orang yang menutupi sesuatu.
“ Ya udah nggak ngapa.udah terlanjur juga di guyur air. Lupain aja .”***Minggu sore, gue mengambil hasil cetakan foto di Ronggeng Fotography.lalu berangkat ke TMII untuk menemui Santa Claus itu untuk melihat hasil cetakannya. Gue sih berharap bisa ketemu ama dia.
Gue mulai ngider-ngider nyari tuh Santa. Di Anjungan Kalimantan Timur, Tyo nyapa gue.“ Heh, ngapain lu disini?“ Sapanya. “ Lah, lu sendiri ngapain disini? “Gue balas nanya. Tyo diem.
“ Gue mau cari badut yang kemarin gue foto.”Jelas gue sembari mengayuh sepeda meninggalkan Tyo.Tyo menyusul gue.“Maksud lu, badut yang mirip rusa dan punya nama Nohara Sinoshuke ?” Ucap Tyo.Tyo mengucapkan nama Nohara Sinoshuke dengan logat yang sama, yang pernah diucapkan Santa Claus yang gue temui bareng rombongan penari-penari Suku Asmat itu. “ Heh, lo kok tau ?” Gue terkejut.”Ya, iyalah, kan gue yang jadi Santa Clausnya.” Jelasnya.Gue makin bingung dan mengejar dia. “ Heh, Tyo. Maksud lu apa?”Dia makin mengayuh sepedanya dan suaranya masih sempat gue dengar sebentar.
“Gue demen ama elu, Dra. Gue demen sama lu…………..”Gue makin panik dan coba mengejar Tyo.” Maksud lu apa,Cumi arab?” Gue teriak sekeras-kerasnya.nggak peduli di sepanjang jalan banyak orang yang memperhatikan kita berdua .
_ SELESAI

0 komentar:

Posting Komentar